ZIARAH KUBUR

Ziarah kubur adalah mendatangi kuburan dengan tujuan untuk mendoakan ahli kubur
dan sebagai pelajaran (ibrah) bagi peziarah bahwa tidak lama lagi juga akan menyusul
menghuni kuburan sehingga dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah swt.

Ketahuilah berdoa di kuburan pun adalah sunnah Rasulullah saw, beliau saw bersalam
dan berdoa di Pekuburan Baqi’, dan berkali kali beliau saw melakukannya, demikian
diriwayatkan dalam shahihain Bukhari dan Muslim, dan beliau saw bersabda : “Dulu
aku pernah melarang kalian menziarahi kuburan, maka sekarang ziarahlah”. (Shahih
Muslim hadits no.977 dan 1977)

Dan Rasulullah saw memerintahkan kita untuk mengucapkan salam untuk ahli kubur
dengan ucapan “Assalaamu alaikum Ahladdiyaar minalmu’minin walmuslimin, wa
Innaa Insya Allah Lalaahiquun, As’alullah lana wa lakumul’aafiah..” (Salam sejahtera
atas kalian wahai penduduk penduduk dari Mukminin dan Muslimin, Semoga kasih
sayang Allah atas yang terdahulu dan yang akan datang, dan Sungguh Kami Insya
Allah akan menyusul kalian) (Shahih Muslim hadits no 974, 975, 976). Hadits ini
menjelaskan bahwa Rasulullah saw bersalam pada Ahli Kubur dan mengajak mereka
berbincang-bincang dengan ucapan “Sungguh Kami Insya Allah akan menyusul
kalian”.

Rasul saw berbicara kepada yang mati sebagaimana selepas perang Badr, Rasul saw
mengunjungi mayat mayat orang kafir, lalu Rasulullah saw berkata : “wahai Abu Jahal
bin Hisyam, wahai Umayyah bin Khalf, wahai ‘Utbah bin Rabi’, wahai syaibah bin
rabi’ah, bukankah kalian telah dapatkan apa yang dijanjikan Allah pada kalian…?!,
sungguh aku telah menemukan janji tuhanku benar..!”, maka berkatalah Umar bin
Khattab ra : “wahai rasulullah.., kau berbicara pada bangkai, dan bagaimana mereka
mendengar ucapanmu?”, Rasul saw menjawab : “Demi (Allah) Yang diriku dalam
genggamannya, engkau tak lebih mendengar dari mereka (engkau dan mereka sama
sama mendengarku), akan tetapi mereka tak mampu menjawab” (shahih Muslim hadits
no.6498).

Makna ayat : “Sungguh Engkau tak akan didengar oleh yang telah mati”.
Berkata Imam Qurtubi dalam tafsirnya makna ayat ini bahwa yang dimaksud orang
yang telah mati adalah orang kafir yang telah mati hatinya dengan kekufuran, dan
Imam Qurtubi menukil hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa Rasul
saw berbicara dengan orang mati dari kafir Quraisy yang terbunuh di perang Badr.
(Tafsir Qurtubi Juz 13 hal 232).

Berkata Imam Attabari rahimahullah dalam tafsirnya bahwa makna ayat itu : bahwa
engkaua wahai Muhammad tak akan bisa memberikan kefahaman kepada orang yang
telah dikunci Allah untuk tak memahami (Tafsir Imam Attabari Juz 20 hal 12, Juz 21 hal
55, ) Berkata Imam Ibn katsir rahimahullah dalam tafsirnya : “walaupun ada perbedaan
pendapat tentang makna ucapan Rasul saw pada mayat mayat orang kafir pada
peristiwa Badr, namun yang paling shahih diantara pendapat para ulama adalah
riwayat Abdullah bin Umar ra dari riwayat riwayat shahih yang masyhur dengan
berbagai riwayat, diantaranya riwayat yang paling masyhur adalah riwayat Ibn
Abdilbarr yang menshahihkan riwayat ini dari Ibn Abbas ra dengan riwayat Marfu’
bahwa : “tiadalah seseorang berziarah ke makam saudara muslimnya didunia,
terkecuali Allah datangkan ruhnya hingga menjawab salamnya”, dan hal ini dikuatkan
dengan dalil shahih (riwayat shahihain) bahwa Rasul saw memerintahkan
mengucapkan salam pada ahlilkubur, dan salam hanyalah diucapkan pada yang hidup,
dan salam hanya diucapkan pada yang hidup dan berakal dan mendengar, maka kalau
bukan karena riwayat ini maka mereka (ahlil kubur) adalah sama dengan batu dan
benda mati lainnya. Dan para salaf bersatu dalam satu pendapat tanpa ikhtilaf akan hal
ini, dan telah muncul riwayat yang mutawatir (riwayat yang sangat banyak) dari
mereka, bahwa Mayyit bergembira dengan kedatangan orang yang hidup ke
kuburnya”. Selesai ucapan Imam Ibn Katsir (Tafsir Imam Ibn Katsir Juz 3 hal 439).

Rasul saw bertanya2 tentang seorang wanita yang biasa berkhidmat di masjid, berkata
para sahabat bahwa ia telah wafat, maka rasul saw bertanya : “mengapa kalian tak
mengabarkan padaku?, tunjukkan padaku kuburnya” seraya datang ke kuburnya dan
menyolatkannya, lalu beliau saw bersabda : “Pemakaman ini penuh dengan kegelapan
(siksaan), lalu Allah menerangi pekuburan ini dengan shalatku pada mereka” (shahih
Muslim hadits no.956)

Abdullah bin Umar ra bila datang dari perjalanan dan tiba di Madinah maka ia segera
masuk masjid dan mendatangi Kubur Nabi saw seraya berucap : Assalamualaika Yaa
Rasulallah, Assalamualaika Yaa Ababakar, Assalamualaika Ya Abataah (wahai
ayahku)”. (Sunan Imam Baihaqi Alkubra hadits no.10051)

Berkata Abdullah bin Dinar ra : Kulihat Abdullah bin Umar ra berdiri di kubur Nabi saw
dan bersalam pada Nabi saw lalu berdoa, lalu bersalam pada Abubakar dan Umar ra”
(Sunan Imam Baihaqiy ALkubra hadits no.10052). Sabda Rasulullah saw :
Barangsiapa yang pergi haji, lalu menziarahi kuburku setelah aku wafat, maka sama
saja dengan mengunjungiku saat aku hidup (Sunan Imam Baihaqiy Alkubra hadits
no.10054).

Dan masih banyak lagi kejelasan dan memang tak pernah ada yang mengingkari
ziarah kubur sejak Zaman Rasul saw hingga kini selama 14 abad (seribu empat ratus
tahun lebih semua muslimin berziarah kubur, berdoa, bertawassul, bersalam dll tanpa
ada yang mengharamkannya apalagi mengatakan musyrik kepada yang berziarah,
hanya kini saja muncul dari kejahilan dan kerendahan pemahaman atas syariah,
munculnya pengingkaran atas hal hal mulia ini yang hanya akan menipu orang awam,
karena hujjah hujjah mereka Batil dan lemah.

Dan mengenai berdoa dikuburan sungguh hal ini adalah perbuatan sahabat
radhiyallahu’anhu sebagaimana riwayat diatas bahwa Ibn Umar ra berdoa dimakam
Rasul saw, dan memang seluruh permukaan Bumi adalah milik Allah swt, boleh berdoa
kepada Allah dimanapun, bahkan di toilet sekalipun boleh berdoa, lalu dimanakah dalilnya yang mengharamkan doa di kuburan?, sungguh yang mengharamkan doa
dikuburan adalah orang yang dangkal pemahamannya, karena doa boleh saja
diseluruh muka bumi ini tanpa kecuali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar